Hari Bumi : Apa yang harus dilakukan ?

Hari ini banyak pemberitaan tentang perayaan hari bumi sedunia. Bahkan tadi siang radio diwarung tempat saya biasa makan siang tak henti – henti nya memberitakan / membahas hari bumi ini. Mulai dari asal – usul nya hari bumi yang diperkirakan sudah ada sejak tahun 1970. Adalah Senator USA Gaylord Nelson, seorang pengajar lingkungan hidup yang telah mencanangkannya.  Hari bumi akrab diperingati setiap tanggal 22 April, yang bertepatan dengan musim semi di belahan bumi utara dan musim gugur dibelahan bumi selatan.

Telah banyak kegiatan – kegiatan positif yang dilakukan oleh beberapa organisasi atau lembaga – lembaga yang perduli dengan lingkungan hidup diseluruh dunia. Jika di Amerika sangat agresif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, pun di Indonesia juga Walhi sangat gencar dalam beberapa kegiatan mereboisasi hutan mangrove termasuk mangrove disepanjang pesisir Sumatera tetapnya di Bandar Lampung. Kegiatan- kegiatan tersebut adalah upaya untuk menjaga bumi ini agar tetap seimbang. Karena isu pemanasan global semakin gencar disuarakan. Dan disadari makin banyaknya bencana alam yang terjadi, penyebab utamanya adalah mulai tidak seimbangnya bumi yang kita pijak ini.

Hmm…tapi tiba – tiba saya terpikir apa yang harus dilakukan dihari bumi ini ?. Atau apa yang sudah saya lakukan untuk menjaga kelestarian bumi ini?. Orang lain telah banyak yang rela mengorbankan sebagian waktunya untuk kegiatan – kegiatan dalam upaya pelestarian bumi. Tetapi saya sangatlah sadar bahwa belum banyak yang bisa saya lakukan untuk bumi ini. Walopun saya tahu sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk menyayangi bumi ini, banyak kegiatan – kegiatan kecil yang bisa kita lakukan.  Menanam pohon / bunga disekitar pekarangan rumah, syukur – syukur kalo bisa pohon yang ditanam..mungkin Pohon jambu, mangga atau pohon sejenis yang bisa tumbuh rindang. Mengurangi sampah plastik dengan membakarnya sebelum dibuang ketempat sampah.

Saya mengajak sahabat khatulistiwa untuk sama – sama belajar mencintai bumi ini, tindakan sekecil apapun yang kita lakukan jika dilakukan dengan sungguh – sungguh pastikan akan bisa berguna. Apalagi jika semua insan mulai sadar akan pentingnya menjaga kelestarian alam, sehingga bumi yang kita pijak ini tidak hanya sebagai obyek ” penderitaan ” oleh manusia. Aktifitas ekploitasi dilakukan untuk berbagai kepentingan, banyak hutan yang ditebang untuk dijadikan lahan perkebunan atau untuk ladang bagi warga sekitar. Menyebabkan tanah tak bisa menyerap air lebih banyak, tak heran jika banyak terjadi banjir dan tanah longsor dimana – mana.

Isu peringatan hari bumi ini sudah berlangsung 40 tahun silam, tapi belum semua orang sadar dan perduli menjaga kelestarian bumi ini. Saat nya melakukan kegiatan – kegiatan sederhana seperti yang telah saya sebutkan diatas, atau mungkin ada tambahan dari sahabat khatulistiwa..bisa dishare disini..kita sama – sama belajar untuk semakin mencintai bumi ini. Biarkan bumi bisa hidup lebih lama…untuk anak cucu kita kelak..

Note : Maaf ya sahabat…lama tak update blog ini, selain sibuk kerjaan offline saya juga sedang dilanda kemalasan tingkat akut..:-)

12 Responses to “Hari Bumi : Apa yang harus dilakukan ?”

  1. TuSuda says:

    Minimal kita harus membiasakan berhemat energi dari berbagai sumber kekayaan alam semesta, yang terkandung di dalam bumi pertiwi. Menjaga kelestarian hutan lindung sebagai paru-paru dunia juga sangat penting.

    # hutan memang harus dijaga pak..tapi peran kecil juga sangat mendukung

  2. narno says:

    penghematan eneri merupakan salah satu cara yang mungkin bisa kita lakukan

    # hmm…betul mas

  3. Berhemat energi, bumi semakin tua, takutnya buminya ntar ngambek

    # sudah ngambek mba…banyak banjir dimana – mana

  4. delia says:

    menghemat penggunaan listrik yg emang sudah hemat.. hikss hikss.. dan menaman tumbuh2an didepan rumah… mungkin baru itu yg bisa lia lakukan…

    semoga penebangan2 liar juga berkurang… Kasihan bumi 🙁

    # semoga langkah kecil kita berdampak besar kelak..amiin

  5. aldy says:

    Cilaka, orang barat yang lebih dulu meluluh lantakan bumi ini kita juga yang ikutan menanggung akibatnya.

    # hehe…bumi menjadi tanggung jawab bersama mas.

  6. Hal yang paling mudah kita lakukan adalah berhemat energi. Apalagi energi listrik. Listrik sekarang masih bergantung banget ke minyak bumi. Minyak bumi kan terbatas banget stoknya. Yang diproduksi selama ratusan tahun.

    # iya betul sekali…bumi dikeruk isininya, minyak, batubara dll..

  7. orange float says:

    kelihatannya bumi makin hari makin panas aja mungkin ini yang dinamakan global warming. gerah….. :mrgreen:

  8. Mr, Kem says:

    bukan mungkin lagi mba..memang iya..hehe

  9. elmoudy says:

    bumi… hari bumi.
    rasanya seneng banget kalo melihat bumi ini disayangi oleh semua penghuninya… khususnya manusia kayak kita kita. kebayang, gimana kalao hari itu setidaknya… seluruh manusia tidak melakukan aktivitas yg merusak lingkungan.. hmm… pasti bumi akan sangat senang skali

    # jika banyak orang bisa melakukan hal itu,pastinya akan berdampak besar terhadap bumi yang kita pijak ini bang moudy..

  10. dheelaa says:

    bumi harus segera diselamatkan, bumi skrg lagi sakit karena perbuatan manusia

  11. Fikar says:

    Minimal biasakan menanam tanaman di rumah, baik tanaman hias atau pun tanaman obat-obatan.^^

  12. hormati bumi dgn sedikit menghemat energi, jangan sampai tiba waktunya bumi mulai bosan pd kita , yg akhirnya menciptakan bencana yg sebenarnya akibat dr ulah kita sendiri.
    salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge