Saatnya Blogger pun taat pajak

” Sirah ngelu kebenthuk wit jambe…Tuku obat nang apotek Diponegoro…Mbayar pajek wes dadi kewajibane..Kanggo ngongkosi mbangun negoro “. Terlulis diselembar stiker yang diberikan ke saya oleh petugas Kantor Pelayanan Pajak ( KPP ) tadi siang. Sebelum sampai di KPP dalam benak saya terpikir bahwa bakal ngantri panjang, yang pastinya akan lama dan melelahkan. Ternyata sungguh diluar dugaan, tak kurang dari 10 menit prosesnya ternyata sudah selesai. Dan bahkan tidak harus mengantri, hanya ada 2 orang sedang melaporkan pajak di meja sebelah. Mengisi form yang telah disediakan, isi nomer NPWP, memasukkan nilai harta dan hutang, tanda tangan trus masukkan ke amplop. Selesai..setelah itu petugas memberikan tanda terima bahwa SPT Tahunan telah diterima, dan memberikan selembar stiker.

Tidak nampaknya deretan antrian justru membuat saya merasa gelisah. Jangan – jangan banyak orang yang tidak perduli dengan hal ini. Tapi pikiran itu segera saya tepis, mungkin mereka belum sempat ke KPP..kan waktunya masih sampai tanggal 31 Maret 2010. Ayo bagi yang belum melaporkan Pajak / SPT nya dihimbau untuk segera melaporkan sebelum batas akhirnya tanggal 31 Maret 2010. Bukannya saya sok paling perduli ya…hehe..hanya berusaha menjadi warga negara yang baik. Karena Saatnya Blogger pun taat pajak.. Biasanya blogger selalu terdepan dalam kegiatan positif, contoh seperti Koin Untuk Prita, Koin Untuk Bilqis dan masih banyak gerakan – gerakan positif lainnya. Nah hal ini yang membuat saya bangga mejadi bagian dari para Blogger.

Semua warga negara Indonesia adalah wajib pajak, jadi sudah seharusnya kita wajib membayar pajak. Saya kira jika setiap warga negara termasuk para pengusaha perduli dan benar – benar membayar pajak sesuai dengan ketentuan, saya yakin negara kita tidak akan terpuruk seperti ini. Berikut ini cuplikan dari pajak.go.id yang menyatakan ada beberapa perusahaan yang melakukan pengemplangan pajak terbesar.

Ditjen Pajak beberapa waktu lalu mengumumkan adanya penunggak pajak. Tiga di antaranya milik Aburizal Bakrie, yakni PT Bumi Resource, PT Arutmin, dan PT KPC. Tunggakan pajak ketiga perusahaan tersebut mencapai Rp2,l triliun. KPC termasuk 10 besar penunggak pajak dengan nilai sebesar Rpl,5 triliun, sedangkan Bumi dengan nilai tunggakan sebesar Rp376 miliar dan PT Arutmin senilai Rp300 miliar.

Dan saya kira masih banyak sekali para pengemplang pajak, bisa dilihat dari hasil pencarian di Google..ketikkan saya keyword ” Pengemplang Pajak ” didapati sekitar 175.000 hasil pencarian dalam 0.30 detik. Terlepas banyaknya kasus tersebut, kita hendaknya jangan terpengaruh. Kita penuhi saja kewajiban kita sebagai warga negara yang baik, dan menurut saya Pajak memang sangat berguna untuk kemajuan Negara ini.

Kata bijak hari ini : Jika kita memberikan yang terbaik, maka kita akan menikmati hasil yang baik pula. – Mr,Kem πŸ˜€

Reblog this post [with Zemanta]

33 Responses to “Saatnya Blogger pun taat pajak”

  1. TKB says:

    Alhamdulillah saya termasuk wajib pajak yang taat taat mas.

    # Syukurlah mas..kalo sudah bayar pajak.

  2. M Mursyid PW says:

    Setuju sekali, Mas. Kita jangan niru perilaku gak bener para pengemplang pajak.
    Kalau saya sih gak seberapa pajak yg harus sy bayar, paling hanya PBB dan dua kendaraan plus PPh tentunya ketika terima gaji tentunya.
    Salam!

    # Iya pak, memang sudah menjadikan kewajiban kita untuk mbayar pajak.

  3. Reza Fauzi says:

    saya udah wajib pajak belum ya hhe

    # Mas Reza umur brapa??..hehe..diatas 17 tahun udah wajib pajak kalo ga salah

  4. abrus says:

    sammmaaa … saya juga alami itu πŸ˜›

  5. abrus says:

    Maksudnya waktu … urus pembuatan NPWP pribadi cepat sekali prosesnya … gak sampai 20 menit jadi.

    # Mas Abrus..betul, cepet kok..dan ga ngantri..

  6. darahbiroe says:

    aku bukan termasuk wajib pajak hehehe
    gfak punya penghasilannn

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih
    πŸ˜€

    # Darah biroe…PBB juga harus dibayar pajaknya…hehe

  7. antok says:

    saya juga bukan wp
    coz gk ada penghasilan
    sama kek darahbiroe

    blogwalking

    # Mas Antok…sebenarnya bukan hanya penghasilan aja yang harus dibayar pajaknya. Seperti halnya mas aldy, PBB dan pajak kendaraan bermotor juga harus dibayar. btw..kalo punya penghasilan Online harusnya juga dilaporkan, sehingga bisa dihitung pajaknya..hehe

  8. aldy says:

    PPh saya dipotong langsung oleh perusahaan, sehingga saya hakul yakin jika saya termasuk yang taat pajak.
    Pajak lain seperti PBB, Pajak kendaraan alham, sampai dengan hari ini belum pernah nunggak.

    # Mas aldy…wah, mantap mas..bayang kan jika semua warga negara kayak mas aldy, Indonesia makin kaya..tentunya jangan biar kan koruptor hidup enak di negeri ini.

  9. orange float says:

    pajak tetap bayar tapi kalo koruptornya ngak diberantas ya sama aja bo’ong uangnya sampe ke tangan mereka. gmn Indonesia bs maju

    # Paling tidak kita tetap taat pajak mba..biarkan koruptor ditangani oleh yang berwajib..semoga saja para koruptor bisa di hanguskan semua

  10. yuk…yuk…
    kita bayar pajaaaak….:)

    # yak..yik..yuuukkk

  11. siap-siap mbayar pajak juga mas…

    # Mba Yanti…siip, jangan lupa krupuknya bayar pajak ya..hehe

  12. Rock says:

    Mari kita penuhi kewajiban kita sebagai warga negara yang baik…

    # Semoga banyak yang sadar pajak ya mas..terima kasih

  13. Rock says:

    Btw themanya keren banget sob…

    T.O.P G.B.T pokoknya… hahaha…

    # Makasih mas…mudah2an pas dengan tema isi blog ini..

  14. mycorner says:

    iya dipotong langsung dari gaji.. kalau pajak kendaraan sih khan kelihatan dari plat nomor ya.. nanti ditilang πŸ˜€

    # hmm..okelah kalo begitu

  15. Anas says:

    MAsih belum punya gaji tetap.. πŸ˜€

    # Harta benda juga ada pajaknya kalo ga salam mas..

  16. Darin says:

    saya dah bayar pajak motor mas πŸ™‚
    lainnya belum euy, lha gimana ngitungnya ya.

    # Yang penting kita punya NPWP dulu mas, nanti disana akan mengisi form yang telah tersedia..disana nanti kita disuruh menyebutkan nilai harta benda, selain penghasilan tetap. Kalau ga salah nanti ada perhitungannya..ga gede kok..:-)

  17. carita says:

    pajaknya dah dipotong pas gajian pke wu

    # Weiitss…mantaap, pastikan ada bukti potong pajaknya mas..biar bisa dilaporkan ke KPP

  18. Wempi says:

    Pajak wempi sudah dipotongin … cuma kebagian lapornya aja, hee… πŸ˜†

    # Sama mas..

  19. saya blm termasuk wajib pajak.. tapi klo sudah nantinya saya akan taat untuk bayar pajak.. krn pajak itu pasti kembali pada kita jg..
    jujur, orng tua sy jd ragu bayar pajak krn banyak disalah gunakan (dikorupsi). kasus (korupsi) yg paling hot mengenai pajak. pajak itu dirampok dan digunakan untuk kepentingan pribadi. miris bgt.. jd kita harus bayar pajak dan awasi penggunaanya.

    # Betul mas…korupsi menjadi urusan lain, biarkan KPK yang memberantasnya..tapi bagi kita tetaplah taat pajak. Sudah negara miskin, banyak korupsi…eh warganya ga ada yang bayar pajak..mau hidup dari mana negara ini

  20. pajak untuk rakyat! jangan dipermainkan.. jangan dibuang-buang untuk hal yang tak ada hasilnya. Mari wujudkan pemerintahan yang bersih dan adil untuk rakyat. Rakyat harus sadar pajak kalau ingin makmur.. hehehe…

    # Merdekaaa…!!! setuju mas..hehe

  21. kang sugng says:

    Kita memang bisa taat dalam membayar pajak, tp apakah pejabat terkait bisa taat dalam mengurus hasil pembayaran pajaknya.

    # itu juga yang selalu menjadi pertanyaan besar buat kita kang.

  22. endar says:

    saya sudah pajak juga. yang penting uang pajak jangan diselewengkan. kalau diselewnegkan mbayarnya jadi gimana gitu lho

    # betul mas..mudah2an para pejabat yang sering nilep duit pajak bisa segera sadar

  23. Anggara says:

    pajak…..kalo dikorupsi bagaimana?

    # Biarkan KPK yang memberantas om..hehe. tapi kewajiban harus tetap dijalankan

  24. delia says:

    Dulunya tiap bulan selalu ngingatin accounting untuk byr pajak pegawai .. hehehe…
    dah 2 tahun gk bayar pajak (lahh mau dipotong dr mana orang gk kerja ).. tp tetap ada laporan dr kantor.. πŸ˜€

    semoga makin banyak yg sadar pajak.. dan semoga pemerintah bisa mengelola pajak sebaik2nya πŸ™‚

    # hehe…bayar pajak yang lain mba. makasih ya udah mampir disini

  25. hanif IM says:

    bagi yang belum bekerja bagaimana? wajib juga bayar pajaknya?

    # Mas Hanif …kalo belum ada penghasilan memang tidak perlu bayar pajak, tapi kita harus punya NPWP..hehe..

  26. sunflo says:

    blogger taat pajak kamsudnya?? bukan kaitannya ma aktivitas ngeblog kan? tapi di dunia nyata dengan pekerjaannya masing2 kan?

    # Iya mba, lebih ke dunia luar..tapi jika blogger punya penghasilan dari online bisnisnya harusnya juga dilaporkan..hehe..bener ga ya?

  27. narno says:

    pernah di kantor di sosialisasikan bayar pajak penghasilan, sudah bikin NPWP tapi setelah dihitung katanya belum masuk wajib pajak, karena masih dibawah batas penghasilan wajib pajak, dan juga kami rata-rata belum punya rumah

    # mantap mas narno..kalo memang belum masuk itungan wajib pajak ya gpp. hehe. saya doain biar cepat masuk itungan ya…amiin

  28. dewi says:

    hm..saya sih lum dapet NPWP karena penghasilan masih di bawah tangan..hehe
    btw
    maaf nitip info bagi sesama blogger πŸ™‚
    temen2 pecinta pajak, pemerduli pajak..ada lomba blog nie…hadiahnya lumayan kok..
    cuman ini tentang pajak..
    info lebih lanjut dikemas dalam acara Tax paradise dan bisa dilihat di web klami di http://www.pajak-stan.com
    btw..tolong sebarin ke temen2 ya..siapa tahu ada yang pengen dan seneng pajak, tapi gak dapat info ini..terimakasih πŸ™‚
    sebenarnya gak hanya lomba blog sih, ada lomba pajak tingkat universitas dan sma, ada seminar, workshop dan tax expo..bener2 pajak dah.hehe trims 4 all..

    # Mba Demi..terima kasih atas infonya ya..Insya Allah saya ikut..tak intip dulu infonya..

  29. yobel says:

    kalo seperti saya ini yang masih mahasiswa apa harus bayar pajak juga? uang pas-pasan kalo juga kena pajak bangkru aku. wkwkwk

    # Umumnya yang sudah berpenghasilan seh mas..

  30. Kang Yahya says:

    Wahhh. . . . .
    Baru tahu sob kalo blogger juga dikenakan pajak.

    Salam kenal juragan.
    Kutunggu kunjungan baliknya.

    # tergantung kesadaran mas..hehe

  31. GingErwan says:

    saya sendiri tidak pernah melapor SPT tahunan dan nggak kena denda…. bahkan semua teman-teman ku pun juga uda 2 tahun nggak pernah melapor nggak pernah di denda…. kalo toh kena denda itu kan cuma 100rb, anggap saja itu sumbangsih kamu untuk fakir miskin…

  32. hndri says:

    tolong sy mau melaporkan perusahaan sy tmpt sy bekerja krna tidak membayar pajak ,d mana saya hrs melaporkan perusahaan ini,karena kuat dugaan perusahaan tmpt sy bekerja mengemplang pajak karena semua laporan omset d sembunyikan d mess karyawan yg d percaya ,saya pinin sekali memberi pelajaran kpd perusahaan malaysia ini ,sdh cr makan d negeri orng tp se enaknya memecat pegawai tanpa pesangon sama sekali

  33. I just cannot go away your web site previous to hinting which i truly treasured the usual information and facts somebody offer for your guests? Will be returning consistently to examine cross-check innovative posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge