Kick Andy, tayangan paling inspiratif

Terinspirasi dari kegelisahan teman saya mas Zakariah, yang mengeluhkan kegilaan tayangan TV saat ini. Setuju atau tidak memang sekarang makin sulit mencari acara TV yang mendidik dan informatif. Walaupun memang tidak semua stasiun telivisi sama. Akan tetapi sebagian besar stasiun telivisi menayangkan program – program yang menurut saya sangat tidak layak untuk di tonton.  Setuju dengan yang disampaikan oleh mas Zakariah, bahwa tayangan Sinetron harus dikurangi..jika perlu dihapus saja. Karena situasi dalam sinetron berpengaruh terhadap kehidupan nyata oleh sebagian remaja di negeri ini. Mulai dari cara berpakaian, tingkah laku dan segala hal negatif yang ditimbulkannya. Walopun berdasarkan catatan Komisi Penyiaran Indonesia telah melakukan teguran keras terhadap tayangan – tayangan yang dianggap tidak layak tayang, akan tetapi masih saja tayangan – tayangan sampah itu muncul dilayar kaca. Sangat sedikit sekali tayangan – tayangan yang mewakili budaya – budaya yang ada di Negeri ini. Sebenarnya banyak sekali yang bisa diangkat untuk ditayangkan di televisi.

Terlepas dari segala keburukan kwalitas tayangan telivisi yang ada, bahwa masih ada juga program telivisi yang sangat informatif dan inspiratif…jika boleh dibilang tayangan yang satu ini wajib ditonton. Kick Andy, program talk show yang dipandu oleh mantan jurnalis Andi F. Noya. Kisah – kisah yang diangkat sangat menyentuh, tayangan yang benar – benar bukan hanya untuk di tonton oleh mata..tapi juga untuk ditonton dengan hati. Banyak sekali  narasumber / bintang tamu yang dengan segala keterbatasan fisik dan mental, mampu menggugah hati kita dan memberikan motivasi yang sangat luar biasa. Mereka dengan keterbatasan itu mampu melakukan hal yang orang normal tidak mampu lakukan. Bahkan Kick Andy sendiri bisa mengambil inspirasi dari bintang tamunya, yang masih saya ingat selalu adalah Gerakan 1000 kaki. Terinspirasi dari salah seorang bintang tamu yang cacat kaki, yang mampu membuat kaki palsu sendiri. Karena banyak yang senasib, bapak tersebut membuat kaki palsu dengan harga yang sangat murah..sehingga bisa membantu teman senasibnya. Dari kisah itu  Kick Andy membuat gerakan 1000 kaki. Kira – kira seperti itu kisahnya.

Tak hanya itu, kisah – kisah para pahlawan di era sekarang yang sangat mengagumkan. Saya sebut pahlawan karena menurut saya layak untuk disandang oleh beliau – beliau itu. Walaopun terkarang beliau – beliau ini dianggap gila oleh sebagian besar orang didaerah itu, namun mereka tetap semangat mewujudkan niatnya. Disuatu daerah yang belum terjamah oleh aliran listrik, seorang bapak tua tergerak hatinya untuk membuat listrik. Dengan alat seadanya, bapak itu mulai mengarahkan aliran air dari gunung dan mengaturnya supaya aliran air menjadi deras dan cukup bisa memutar turbin berdaya rendah. Banyak tetangga yang memandang sebelah mata, namun akhirnya mereka menyadari bahwa apa yang dikerjakan oleh bapak itu berhasil. Dan akhirnya warga saling gotong royong untuk mengembangkan ide tersebut. Alhasil…daerah yang dulunya puluhan tahun tidak merasakan aliran listrik akhirnya bisa menikmati listrik hasil swadaya tersebut.

Yang paling mencengangkan saya adalah kisah Susi Air. Susi perempuan lulusan SMP itu sekarang telah memiliki 16 pesawat terbang..gila bangeeet. Berawal dari seorang gadis belia, putus sekolah karena orang tua tidak mampu membiayai. Gadis yang hanya anak seorang nelayan di pesisir Pangandaran ( kalau tidak salah ), setelah putus sekolah gadis itu membantu orang tuanya menjadi penjual ikan di pasar – pasar. Pernah tidur diatas truk karena ikut jualan ikan didaerah lain. Karena kegigihannya, Gadis itu menjadi pedagang besar ikan dan hasil laut lainnya. Menjadi eksportir hasil laut ke berbagai negara. Perjuangan sebenarnya panjang dan berliku, tidak semudah dengan apa yang saya tulis ini. Susi juga menjadi orang pertama yang mendarat di Aceh pasca terjadinya Stunami. Karena hanya pesawat jenis itu  ( lupa jenisnya apa ) yang boleh mendarat di  Aceh.

Huh..masih banyak lagi kisah – kisah menarik lainnya. Dan yang paling menyentuh hati adalah Seorang yang dengan sukarela dan tanpa mengharapkan imbalan apapun. Ribuan orang yang telah ditolongnya, sungguh sangat mulia sekali. Banyak orang yang jijik, bahkan melihat pun sudah ogah..tapi dimata bapak itu menurutnya orang – orang itu perlu dibantu, perlu dirawat untuk disembuhkan. Yah..merawat orang gila, tidak pernah terbayangkan oleh saya..mungkin juga oleh anda. Dengan kesabaran bapak itu dibantu oleh anak – anaknya, mengambil orang – orang gila dijalanan untuk dibawa pulang. Dirawat dengan penuh kesabaran dan ke ikhlasan, sampai sembuh. Yang paling menyedihkan buat saya, ketika bapak itu ditanya oleh Andy. “Apakah ada bantuan dari pemerintah ?”. Dengan polos menjawab, ” sampai sekarang belum ada”. Jadi orang – orang gila itu dirawat dirumahnya sendiri.

Harapan saya..semoga makin banyak tayangan – tayangan yang inspiratif dan layal untuk di tonton. Karena semakin mendidik suatu tayangan, maka semakin baik buat perkembangan generasi Indonesia kelak. Televisi juga bisa membantu mencerdaskan bangsa, tapi televisi juga bisa menghancurkan generasi muda..jika tidak menayangkan acara yang berkwalitas. Mungkin ada pendapat lain dari anda??..

Reblog this post [with Zemanta]

16 Responses to “Kick Andy, tayangan paling inspiratif”

  1. wahyurez says:

    wah saya tertarik tuh cerita susi. dimana bacanya ya pak?

    • Mr, Kem says:

      @Mas wahyu : kebetulan, ini saya ambil dari yang pernah aku tonton. kalo mau beli bukunya sudah ada kayaknya, kumpulan2 kisah inspiratif dari kick andy. atau coba berkunjung di kickandy.com

      @ Mas Irawan : hehe..jarang nonton, yang sering blogwalking ya mas..hehe

  2. Irawan says:

    aku jarang nonton tv, paling cuma buat nonton film jam 8 malem… atau nonton berita pas di kantor…

  3. orange float says:

    metro tv emang stasiun tv yang beda dari yang lain. banyak acara keren lainnya lahir dari stasiun ini

  4. tendangan andy f noya di dunia broadcatsing memang mantab. saya suka lihat tayangan ini.

  5. Tayangan talkshow kick andy emang nggak ada duanya… kreatif, inspiratif, informatif, dan tif-tif lainnya deh… Saya nggak pernah absen nonton tayangan ini… Saya setuju dengan teman-teman yang setuju kalau tayangan ini dapat apresiasi yang besar… Salam kenal…

    • Mr, Kem says:

      @ Desainlansekap : Kobarkan semangat kompetisi…tunjukkan kreatifitas anda…hehe. Desainlansekap juga kreatif banget kok, siapa saja yang mau bedah rumah…tips pertama harus mengunjungi desainlansekap. Dijamin puas..:-)

      @ Ryzack : Saya juga nontonya yang minggu sore aja mas..soale kalo malem jadwale blogging..hehe

  6. RyZack says:

    Sangat-sangat suka menyaksikan tayangan Kick Andy! beserta tayangan lainnya yg disajikan dichannel MetroTV, karena isinya “berkualitas”, dan alhamdulilah masih ada beberapa channel yg “sehat” untuk disaksikan 🙂
    Tapi saya sendiri suka ketinggalan lihat Kick Andy 🙁

  7. Winarto says:

    Kick Andy memang mantap

    • Mr, Kem says:

      @ Mas Winarto : Mantap, sedap…dan ramah lingkungan…hehe…opo iki maksude.

      @ Mas Zakariah : Itu lah Indonesia…Banyak sekali orang – orang hebat yang lahir di bumi pertiwi ini..tapi herannyaherannya, orang – orang pintar disini pasti dan sering dibajak oleh negara2 maju. Karena tidak adanya jaminan kelayakan hidup di negeri ini. Sangat disayang kan banget..

      @ Mas hanif : Emang mas hanif dimana??..kok ga dapat siaran metro TV..

      @ Mas Kharis : Sama mas..saya juga suka banget..

  8. ya.. betul.. tayangan2 seperti ini sebenarnya yg harus banyak tayang..tayngan yg sangat inspiratif dan sangat memotiavasi. klo tayangan yg satu ini sayang bgt dilewatkan.. pokoknya gak boleh terlewatkan.. lawau pernah lewat sih.. hehe.. yg paling berkesan ketika sy nonton episode orng2 hebat indonesia yg berguna dinegara maju/negara lain. ada nelson tansu, prof termuda yg skrng dosen di AS, trus ada yg dijerman, dijepang yg gelar Dr. sampe 3x, dll.. benar2 orng indonesia hebat yg membangakan indonesiA dgn pendidikannya. .. 🙂

  9. hanif IM says:

    sudah jarang nonton bung andy, coz metro lagi gak dapet siarannya. hehe

  10. saya juga suka acara kick andy.

  11. Roikhatul says:

    ingin berkunjung dan nonton langsung kick andy , gimana caranya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge