0811370643 order@kamroni.com
0811370643 order@kamroni.com
Fighting Sura (shark) and Baya (crocodile), th...
Image via Wikipedia

Hmm..siapa yang tak suka dengan Ice Cream / es krim. Yach..makanan ringan yang tetap menjadi favorit ditengah perkembangan kuliner ditanah air kita ini. Kok tiba – tiba Khatulistiwa ngomongin soal es krim ya…mungkin anda bingung, dan kenapa harus Ice Cream Campina. Tapi tentunya arikel ini masih berkaitan dengan seputar Indonesia. Tahukah anda, bahwa Ice Cream Campina ternyata adalah produk asli dari Indonesia. Inilah yang menggelitik jari saya untuk menuliskan tentang Ice Cream ini. Ya..es krim produk lokal dengan rasa nasional yang patut juga kita banggakan. Mungkin tidak terlalu mengagetkan buat anda, tapi tahukah anda sejarah dari Ice Cream Campina ini. Es krim ini telah dibuat sejak tahun 1970, dan dibuat disebuah garasi kecil di Surabaya oleh keluarga Pranoto. Pada masa itu es krim belum sepopuler sekarang ini, 10 tahun pertama adalah masa – masa terberat yang dialami oleh keluarga Pranoto. Mencoba tetap mempertahankan usaha yang telah dirintisnya, Pranoto tetap memproduksi es krim dibantu dengan mesin sederhana yang didatangkan langsung dari italia. Berkat kegigihannya lima tahun kemudian tepatnya 1985 bisnis Pranoto mulai berkembang, sehingga kegiatan usahanya harus dipindahkan ke kawasan Industri Elite Rungkut Industri.

Seiring dengan perkembangan usahanya, pada tahun 1994 keluarga Sabana Prawirawidjajapemilik PT. Ultrajaya Milk Ind. ikut andil dalam kepemilikan saham es krim campina ini. Dan pada tahun tersbut menjadi awal usaha ke industri modern. Smenjak itu yang dulunya es krim Campina ini bernaung pada CV. Pranoto Pancajaya berubah menjadi PT. Campina Ice Cream Industry. Pada tahun 1998 dilakukan renovasi pabrik dan penambahan mesin – mesin modern, menjadikan Industry Ice Cream yang patut diperhitungkan di negeri Indonesia ini. Semenjak itu Ice Cream Campina mampu bersaing sampai sekarang dengan produk – produk dari luar.

Peluang Usaha

Ice Cream Campina terus mengembangkan usahanya, seiring dengan itu ice cream Campina juga memberikan peluang usaha kepada masyarakat salah satunya adalah Campina Scoop Counter. Campina Scoop Counter ini dibuat dengan sistem semi Franchise. Semi franchise yang diterapkan adalah tidak adanya Royalty Fee dan Franchise fee, dengan sistem ini sangat menguntungkan bagi para calon pengusaha. Sehingga pengusaha bisa cepat kembali modal, dengan investasi awal sekitar 10 juta dari ilustrasi bisa kembali modal dalam 6 – 7 bulan. Keunggulannya lagi adalah kita bisa usaha dengan bantuan nama besar Ice Cream Campina yang sudah terkenal di Indonesia. Anda tak perlu kalukan promosi, hanya saja perlu mencari tempat yang strategis buat usaha ini. Luar biasa…jika harus dibandingkan dengan produk – produk franchise lainnya yang investasi awal diatas 70 jt an ( belum termasuk fee royalty, fee franchise, sewa tempat dll ). Dan tidak sedikit dari mereka belum mempunyai brand image yang kuat dan besar. Hmm..jika ada yang tertarik dengan peluang usaha ini, bisa segera mencari info yang lebih akurat..saya juga sudah meliriknya, buat nambah penghasilan ( buat bayar sewa hosting )..ehehe

Hmm…harapan saya adalah semoga banyak usaha – usaha lokal yang bisa mengikuti jejak Ice cream Campina ini. 40 tahun mampu bertahan dan makin sukses, bukanlah usaha yang gampang. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi banyak orang, termasuk saya sendiri. Satu lagi..saya juga salut dengan kisah usaha Es Teler 77, usaha ini konon juga sudah berlangsung sangat lama..dan malah sudah go Internasional..plok..plok..plok..( tepuk tangan ). Nanti kalo sudah dapat ceritanya kan saya share disini.

Reblog this post [with Zemanta]
About the author

Seorang lelaki normal, wanita selalu terlihat cantik dan sexy dimatanya. Selain hobi nulis di blog dia juga senang olah raga, basket dan bersepeda masih jadi olah raga favoritnya. Dia juga menyukai segala jenis musik, tapi musik rap menjadi favoritnya sejak SMP.
26 Responses
    1. Mr, Kem

      @ Mas Wahyu : Kalo mas berada di jawa timur bisa hubungi kantornya. Untuk informasi lebih lanjut. Yang saya tahu kita harus menyediakan ruang minimal 3m2. Dan dari investasi awal 10 jt itu benar2 berbentuk barang, ada 2 juta nanti bisa diambil setelah kita berhenti ( karena bentuknya jaminan ).

      # Surabaya
      # Jl. Berbek Industri I No. 4, Surabaya
      # Telp: (031) 843 2032
      # Fax: (031) 843 1985
      # Contact Person : Bp. Dwi Saryono, Bp. Zohan

  1. horreeyy.ternyata es krim yg sering aq makan berasal dari surabaya.hehe.gak nyangka aq.. yah, moga pisang ijo jg bisa go internasional, klo gak es cendol atau es dawet. kan bisa mengharumkan nama indonesia jg.. haha.. 😀

    1. Mr, Kem

      @ Mas Anas : Iya..saya juga ga nyangka ceritanya begitu..hehe..salut ya

      @ Mas Zakaria : Hehe..iya semoga pisang ijo bisa go internasional..favorit saya waktu tinggal di Makassar

    1. Mr, Kem

      @ Mas Copii : Salam kenal juga ya..makasih atas kunjungannya

      @ Mas Ciwir : Mudah2an menginspirasi buat mas ciwir..:-)

      @ Ibu Sekar : Salam sukses juga..semoga kita semua bisa mengawali usaha masing2..biar tidak tergantung dengan gaji.

  2. Wah seruuu juga kisahnya, dan bagus juga resepnya ya..mau coba wiraswasta dengan pembuatan es krim ini agar bisa go international Okay makasih sharingnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  3. alan

    mas, boleh tau gak sih, mesin mesin apa aja yg dibutuhkan buat bikin ice cream ini?

    saya pengen usaha ice cream kecil kecilan nih. terima kasih mas

    # Mas…yang lagi trend kan jenis es krim cone, mungkin bisa cari info lebih lanjut disini

  4. Pak Kem,
    darimana sumber ceritanya? Hasil prospek?

    Entah kenapa, rasa es krim Campina lebih pas di lidah saya dibanding kompetitornya. Jadi pengen nyobain merek es krim baru yang makin banyak saat ini. Netes dah… 🙂
    dani´s last blog post ..Standar Web 20 Selandia Baru

  5. ridyasta

    heeem… assalam mas..
    salam kenal dari ridya, kebetulan saya ingin buka usaha waralaba es cream..saat ini saya sedang membuka warung kecil2an di daerah kediri. info sampean bener2 membantu mas 🙂

  6. fendy affandi

    q howker campina…
    q pgn tnya blh ga??? ko ga ada bonus buat howker yg bsa mncpai target sich….
    andaikan azzzz klo ada bonusan,q pst lbh smgat dlm pkrjnya q…thank…
    apbila ada slh kta maaf ych????

  7. anggita

    hmmmmm,, saya tertarik dengan bisnis ini mas,, untuk informasi selanjutnya saya bisa hubungi mana yaa?? dan kantor untuk wilayah jogja dan jateng dimana??
    terima kasih,,, 🙂

  8. M farisz

    Assalam’kum…
    sy tertarik dg usaha es krim campina ni.g nyangka kalo campina dr surabaya asalnya.
    Btw..kl pgn usaha ni utk wilayah indramayu_cirebon menghubungi siapa ya?bls

  9. ferry

    salam kenal mas,,,!
    mas klo buka gerai ice cream campina di indomaret/ alfamark kira bisa ga, trs klo bisa kira2 sampai biaya berapa………..! mohon petunjuknya mas.
    terima kasih

  10. samsiatu sopiyah

    sy tertarik dg bisnis franchise campina scoop counter,apakah saat ini besar investasinya msh ttp sm yaitu 10jt?trs u/ menghubungi didaerah Surabaya msh ttp di daerah berbek industri ?Terima ksih atas infonya….

Leave a Reply

CommentLuv badge