Mengenal lebih jauh Indonesia

The Coat of Arms of Indonesia is called Garuda...
Image via Wikipedia

Indonesia, Negara kepulauan yang berada di Asia Tenggara dan berada diantara benua Asia dan Australia.  Mempunyai sedikitnya 17.508 pulau yang tersebar dipenjuru Nusantara, menjadikan Indonesia adalah negara kepulauan terbesar didunia. Dengan populasi sekitar 222 juta jiwa ( tahun 2006 ) menjadikan juga Indonesia negara berpenduduk terbesar ke empat didunia. Meskipun bukan negara muslim tetapi Indonesia menjadi negara berpenduduk Muslim terbesar didunia.

Itulah sepintas artikel yang saya baca dari Wikipedia, sangat mengagumkan. Tak pernah saya bayangkan ternyata Indonesia mempunya 17.508 pulau, ini adalah kekayaan Indonesia. Wajar saja kalau banyak negara tetangga yang sangat ngiler mau merampas sebagian dari pulau – pulau itu. Relakah kita??..Sebagai putra – putri Indonesia seharusnya tak merelakan hal itu terjadi. Jika hal itu sampai terjadi, alangkah murkanya  Gajah Mada jika melihat itu. Gajah Mada telah bersumpah yang dikenal dengan ” Sumpah Palapa“. Berikut sumpah palapa yang saya kutip dari wikipedia.

Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”. Terjemahannya :

Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, “Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa”.

Selain mempunyai jumlah pulau yang banyak, Indonesia juga dikenal paling banyak jumlah Suku nya. Suku Jawa, Betawi, Bugis, Sunda, Batak, dan masih banyak lagi suku yang mendiami ribuan pulau – pulau tadi. Ternyata Etnis Tionghoa juga telah dicatat dalam catatan Nasional sebagai salah satu suku di Indonesia. Keberagaman dan kekayaan alam serta keragaman budaya inilah yang menjadikan Indonesia dilirik oleh negara – negara penjajah dahulu, Jepang dan Belanda tercatat sebagai penjajah di negeri tercinta ini. Jepang pernah menduduki Indonesia sekitar 5 tahun, dan Belanda selama 350 tahun..( kalau tidak salah ya..). Bisa dibayangkan betapa menderitanya rakyat Indonesia dulu, hidup dalam penjajah. Dulu waktu kakek saya masih hidup, saya sering mendengarkan cerita – cerita dalam masa penjajah. Walopun belum begitu mengerti waktu itu..

Daerah Istiwewa Yogyakarta menjadi daerah estimewa satu – satu nya di Indonesia setelah Daerah Istimewa Aceh menjadi Nangroe Aceh Darussalam. Yogyakarta mendapatkan status khusus karena peran penting nya dalam mendukung Indonesia selama Revolusi.

Hmm..segitu dulu pengenalan Indonesia, mudah – mudahan bisa menginspirasi dan bisa semakin medekatkan kita / lebih mencintai Indonesia Raya ini. Bagaimana dengan anda??. Yuuk sama – sama kita belajar dan mengenal Indonesia, menerima apa adanya dan semoga kita bisa semakin bangga dengan Indonesia. ( soalnya saya belum terlalu bangga..hehe ) mungkin dengan mengenalnya lebih jauh kita akan bisa lebih bangga. 🙂

Reblog this post [with Zemanta]

11 Responses to “Mengenal lebih jauh Indonesia”

  1. Mr, Kem says:

    PERTAMAXX, KEDUAXX, KETIGAXX…HEHEHE

  2. Anas says:

    jadi teringat pelajaran sejarah dan PPKN dulu..

  3. Jeri says:

    TOP abis Mas, Bangsa yg baik adalah bangsa yang mengenal baik negaranya,,itu kutipan orang,,he,,he,, Saya juga masih belum banyak mengetahui Indonesia secara khusus dan menyeluruh. Palingan cm budaya dr daerah sendiri yg tahu.

  4. rickyeka says:

    Indonesia banget
    emang sudah sepatutnya kita mengenal bangsa kita lebih jauh

    • Mr, Kem says:

      Om Rickyeka: Mudah2an kita semua bisa melakukannya…siapa lagi kalo bukan kita. walopun kita hanya blogger pemula, cinta bangsa harus tetap dipupuk.

  5. oww. ternyata manusia yg ada di indonesia banyak jg ya..tp yg herannya dari sekian banyak manusia itu gak ada yg bisa main bola ngalahin argentina, trus dari banyaknya manusia itu gak bisa ngurusin indonesia spy bisa nyaingin singapore, trus dari sekian luas lahannya sering bgt terkena banjir.. hehe.. (maklum bang, ni lg mikir yg aneh2)..

    salam hangat..terus semangat.. 😀

    Hehe…saya pun menyadari hal itu mas. tapi saya mencoba untuk melihat Indonesia dari sudut pandang yang lain..karena saking banyaknya pikiran negatif saya tentang indonesia..makanya saya buat blog ini, untuk belajar mengenal Indonesia dari sudut pandang lain..salam hangat juga mas..tks udah mampir disini 🙂

  6. men necklace says:

    I would highly recomended this! I have highlighted this page and say this is a superb and recomended post – Thank you very much, We hope you will not mind me blogging about this post on my website I will also link back this page. Thank you

  7. My friend recomended this page! I have highlighted this page and say this is a interesting and recomended info – Special thanks, We wish you dont mind me writting about this post on my blog I will also link back this page. Thank you so much

  8. Download says:

    This blog is fantastic.I would like to introduce this nice website to my friends.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge