Sejarah musik di Indonesia

Berbicara tentang sejarah musik, musik telah dikenal sejak jaman nenek moyang kita. Musik kerap kali mengiringi upacara – upacara adat tertentu. Indonesia sendiri memiliki beragam jenis musik, hal ini dipengaruhi banyaknya suku adat yang ada. Dari 17.508 pulau yang ada di Indonesia memiliki budaya dan jenis musik sendiri. Tak salah bila Indonesia menjadi negara kaya akan seni dan budaya, termasuk seni musik ini. Musik tradisional yang paling banyak digemari adalah musik Gamelan dan Keroncong. Sedangkan musik moderen yang paling populer adalah musik pop dan dangdut. Musik menurut Aristoteles mempunyai kemapuan mendamaikan jiwa yang gundah, mempunyai terapi yang rekreatif dan munumbuhkan jiwa patriotisme. Ya kalo lagunya Garuda Pancasila, lha kalo lagunya Kamulah mahkluk Tuhan yang paling sexy milik Mulan Jameela..hehe

Jika menurut saya musik adalah sebuah irama yang berasal dari suatu alat musik yang dimainkan secara bersamaan. Terkadang musik juga bisa berasal dari bebunyian benda – benda yang dimainkan oleh sekelompok orang, contoh seperti kelompok – kelompok perkusi yang memainkan benda -benda yang bukan termasuk alat musik ( galon air, ember, botol, dll ).

Sejarah musik keroncong masuk di Indonesia dibawa oleh bangsa Portugis saat memasuki Indonesia. Pada awal tahun 1900 musik keroncong dianggap musik rendahan. Akan tetapi setelah tahun 1930 an musik keroncong mulai banyak digemari, saat itu dunia perfilman mulai menggabungkan musik keroncong dalam film – film yang diproduksi. Ketika itu musik keroncong terhubung dengan perjuangan kemerdekaan. Dan lagu keroncong yang sangat populer saat itu adalah Bengawan Solo ciptaan Gesang Martohartono yang ditulis pada tahun 1940. Lagu ini ditulis ketika Tentara Kekaisaran Jepang menguasai pulau Jawa pada Perang Dunia II. Tidak hanya populer dikalangan orang Jawa saja, akan tetapi lagu ini juga populer di kalangan tentara Jepang, ketika selesai perang lagu ini dibawa ke Negara asal nya dan mereka menyanyikannya di sana. Banyak penyanyi Jepang yang membuat best seller dengan lagu Bengawan Solo ini.

Dangdut, mejadi musik yang lebih modern dari Keroncong termasuk musik yang sangat banyak digemari di negeri ini. Walopun sebagian orang menganggap dangdut tergolong musik rendahan, namun tetap bertahan sampai sekarang. Dangdut juga tergolong musik dansa, dan sudah populer sejak tahun 1970 an. Dangdut memang sangat cocok dengan kondisi negara kita saat ini, dengan mengikuti irama musik dangdut seakan menghilangkan beban yang ada. Biarpun harga – harga melambung tinggi, goyang terus…tariik maang.. Dalam perkembangannya dangdut memang akrab ditelinga rakyat menengah ke bawah. Makin populer ketika muncul gelar Raja Dangdut ( Rhoma Irama ) dan Ratu dangdut ( Elvi Sukaesih ). Sampai sekarang musik dangdut masih sering terdengar ketika kita melintas dijalan – jalan perkampungan, perumahan bahkan di perkotaan. Sesekali saya saran kan dengarkan musik dangdut ini, tak usah malu..musik dangdut juga musik asli Indonesia. Dangdut is the music of my country seperti lagu Project P.

Sedangkan perkembangan musik Pop di Indonesia juga tak kalah cepat. Banyak sekali bermunculan band – band baru di Indonesia, dan semakin menambah semarak perkembangan musik di tanah air. Namun jika kita lihat sangat sedikit band – band yang mengusung musik daerah, apalagi dengan lagu bahasa daerah. Hampir tidak pernah kita temui. Namun begitu tetap juga ada sekelompok kecil yang tetap mempertahan kan musik daerah atau lagu dengan bahasa daerah, salah satunya adalah band dengan aliran Rock Funk de Java yang tetap mempertaha kan lirik lagunya dengan bahasa daerah.  Waah…ini baru gebrakan, pengen tau seperti apa musik mereka…silahkan cari aja di google dengan mengetikkan keyword Funk de java. Satu lagi band yang mengusung musik – musik penggugah semangat anak muda untuk cinta Indonesia adalah Band Cokelat, pastinya sudah kenal kan..tak usah di uraikan profilnya..hehe

Dengan semakin berkembangnya musik di tanah air ini, harapannya semoga para pekerja musik di tanah air ini tetap mempertahankan budaya yang ada. Sehingga musik – musik daerah tetap bisa bertahan, walopun dengan sedikit sentuhan berbeda. Jika para pekerja musik bisa kreatif musik – musik daerah bisa dikembangkan atau mungkin diaransemen ulang dengan sedikit tambahan musik modern. Saya yakin hasilnya tetap enak didengar…saya inget teman saya pernah ngomong bahwa musik adalah bahasa universal..yang penting enak didengar, membuat kita rileks kenapa enggak..bagaimana dengan pendapat para sahabat??

Sumber dari Wikipedia dan beberapa sumber lain.

38 Responses to “Sejarah musik di Indonesia”

  1. U-marr says:

    berarti mas, musik keroncong itu ada jugga dong di portugal?

    # mungkin ada ya mas..soalnya memang asalnya dari sana.

  2. win says:

    saya juga bangga saat ini musik lokal lebih banyak variasinya dan lebih banyak diminati oleh remaja2nya sendiri, ga kaya dulu, musiknya selalu impor.

    # mas win…saya paling suka ketika seperangkat gamelan dimainkan bersamaan dengan alat musik modern. keren bangeeett..

  3. Rhyzaboy says:

    Saya pernah belajar yang seperti ini di pelajaran Seni budaya namun tidak sejelas ini,,, makasih ya sob….

    # masa seh mas boy…makasih banget ya. besok saya tak ndaftar dadi guru wae..hehe

  4. kang sugeng says:

    hwaaaaaa…. saya ndak suka ndangdut dan kroncong, mister Kem… piye iki?

    # Kang sugeng..tidak ada paksaan kok kang. tapi moso ndangdut ora seneng??..kan uueenak buat joget..hehe ( **sedikit maksa )

  5. cenya95 says:

    Muanthab…. jadi tambah ngerti dan jelas…
    trimakasi infonya
    salam superhangat

    # Salam hangat juga mas..terima kasih telah berkunjung

  6. The Tielman Brothers pelopor rock’n roll dari Indonesia

    # Oh ya..terima kasih infonya mas. ternyata dari indonesia toh..

  7. Anas says:

    Makasi artikelnya I luph dangdut.. Sawer.. Sawer..

    # Goyang maaang….

  8. ridu says:

    mungkin yg susah itu adalah mereka akan dihadapi sama pembajakan hasil karya mereka yaa.. semoga sih musik trasidional bisa keangkat lagi :D

    #Semoga ya mas…biar tetap bisa lestari

  9. Anggara says:

    Musik….wah ini kebutuhan dasar bagiku….. :)

    # Betul….musik membuat kita rileks..menetralkan kita saat lagi emosi atau lagi bete

  10. cah ndeso says:

    tapi tetep kok Mas, klonengan di siang hari sambil leyeh-leyeh bisa bikin merem. Hahhahahaa… kebetulan, saya suka dengan klonengan

  11. IndahKasihku says:

    Salam penuh indah dari Indahkasihku.

    Terima kasih sudah menerima awardnya. mudahan persahabatan akan berlanjutan pada masa depan.

  12. Didien® says:

    ternyata secara diam² aku lebih menyukai lagu² daerah di negeri ini..
    jika sudah di dengarkan rasanya saya merasa bangga jadi warga Indonesia..tp ketika ingat kasus² yg sdg terjadi membuat saya merasa hidup di negri orang…

    salam, ^_^

  13. d-Gadget™ says:

    lagu kroncong juga enak lho..apalagi ciptaannya Gesang..

    # Betul mas…memang masih ngetop sampe sekarang

  14. Caride™ says:

    mendingan lagu dangdut, tp dangdut jaman dulu lebih mantafffff dan sopan penyanyinya

    # penyanyi sekarang juga mantap2 mas…malah ada yang mau nyalonin bupati pacitan….hahahaha…kalo ada yang milih dia berarti udah ga waras tuh…

  15. fansmaniac says:

    Saya suka musik asli Indonesia.. dan saya suka band asli Indonesia.. maju terus musik Indonesia!!!

    Salam Kenal
    Borneo Blogger

    # karya anak bangsa tidak kalah dengan yang dari luar sana…malah lebih mudah dimengerti liriknya. salam kenal juga om

  16. Cahya says:

    Kalau tidak salah Sundari Sukoco (pelantun lagu keroncong) yang membuat tesis tentang sejarah lagu keroncong menemukan bahwa Lagu Keroncong memang asli buatan Indonesia, karena di Portugis sana tidak ada yang namanya atau mirip dengan musik Keroncong.

    # mas cahya…wah terima kasih mas, atas tambahan informasinya..seneng banget kalo benar keroncong memang asli lahir di Indonesia. saya dapat info dari wikipedia..

  17. TuSuda says:

    Melalui cipta karya musik semua orang bisa merasakan indah dan syahdunya kehidupan bersama-sama. Bayangkan bila tidak ada musik dan lagu, dunia pasti terasa hampa dan sepi…

    # tak hanya hampa dan sepi mas…tapi hidup tanpa gairah..

  18. Kang Yahya says:

    Apapun musiknya,,yang penting tetep cinta musik garapan dalam negeri.

    Betul. . . . .

    # betul mas…kwalitasnya tidak kalah dengan yang garapan bule

  19. abu ghalib says:

    saya penggemar berat lagu keroncong :D

    # maestro keroncong telah pergi mas…semoga ada penerusnya ya mas

  20. gadgetboi says:

    kalau menurut saya Indonesia sudah bisa kok mengapresiasi musik lebih dari sekedar “enak di dengar” … Buktinya musik RAN yang berunsur Jazz, Cangcutter yang berunsur oldskul rock and roll serta beragam musik seperti Bondan P yang mengabungkan berbagai macam elemen musik … sayangnya produsen masih menganggap masyarakat Indonesia bodoh, makanya musik Indonesia sering stagnan … era akhir 90an di ‘bombardir’ dengan SKA, kini akhir 2000 dengan pop melayu …

    masih banyak loh musisi yang peduli dengan akar budayanya masing-masing, namun sayangnya Produser tidak ada yang cukup visioner untuk mengangkat mereka ke permukaan …

  21. Eyangkung says:

    Mas Roni yang suka musik,

    Mas Roni saya minta tolong bila ada teman-teman yang suka nyanyi dangdut. Saya sudah bikin beberapa lagu dangdut, sudah saya bikin sekalian musik aransemennya. Tapi sampai sekarang kesulitan cari penyanyinya. Kalau ada yang senang mau nyanyikan lagu saya silakan hubungi saya Contoh musiknya sudah saya posting di semesem.com. Tks.

  22. nella says:

    veryyyy goood………

  23. terry says:

    good di portugal juga ad ya musik kroncong…??

  24. I certainly did not realize that. Learnt a thing new these days! Thanks for that.

  25. ernawaty says:

    saya suka dengan tulisan ini………ok punya coyyyyyyyyyyyyyyyy!

  26. baronbanyu says:

    aku suka keroncong,, makasi informasinya mas

  27. vany says:

    artikel opo kui ui jenenge dudu artikel

  28. Andi says:

    Mas izin copy tulisannya yah..

  29. hanum says:

    keren . hanya kata2 itu yang ter ucap ketika mendengar musik indonesia.

  30. ARKA says:

    bagus lah membantu tugas seni sya

  31. Tulisan yang sangat menginspiratif,, musik adalah bagian hidup yang tak dapat di tinggalkan… ijin copas mas bro….

  32. REYNARA says:

    THANKS BANTU TUGAS SAYA

  33. ARYA says:

    LENGKAP JUGA INFO DI SINI

  34. Patsy says:

    Hi my loved one! I wish to say that this article
    is amazing, great written and come with approximately all significant infos.
    I would like to look extra posts like this .

  35. Terra says:

    While it is one thing to have a social media profile
    on an online community like Deviant – ART, it is a whole other thing entirely to
    have fitted it with an effective SEO strategy. If the executives promise high traffic then understand you are talking with a non-SEO person.

    The race is becoming even more challenging with the passing of each day.
    While you’re at it, remove all or fix 404 errors. If you simply copy the original manufacturer’s description, you don’t add value to your product and you certainly don’t add your personal touch that can make you stand out from your competitors. Examine in detail the shift in the customers’ rank, and progress in their positions.
    Pages and articles are very different, as far as Joomla is concerned.
    This is because there is a stiff competition in this particular field and the
    market is flooded with lots of firms that
    provide proficient SEO experts India services at the economical costs.
    Moreover, some companies are not able to get the desired
    results and their techniques might even have bad
    effects on the business’s website. People these days use the Internet for a varied purpose. They want to know things about how to create effective copy, general marketing tips and maybe even stuff about social media. Still hanging on. Advertise by Selling Branded Products. Such services also include some research that will need to be done so they can apply this research on major keyword. Once you find the right and affordable SEO Company, it is essential to talk about your business objectives, target customers and future goals with the professionals to help them develop their strategies accordingly. A well-formed internal linking structure and good sitemap can ensure all pages of a website being indexed by a search engine. 4) Managing your online business. When a person enters a keyword into the search box of a particular search engine such as Google, there will be scores of results showing out which are a result of a search engine algorithm devised by that particular search engine. The website serves as a way for customers to find the business and be able to see what services are offered. Addition and updation of fresh content always leads to arrival of increased traffic to your websites.

  36. maju trus musik indo

Trackbacks/Pingbacks

  1. SUBHANALLAH…. INDAHKASIHKU MENDAPAT AWARD « INDAHKASIHKU'S WEBLOG - [...] SUPRIYADI 9. PESONA MUSLIM 10. NIZWA11 11. WAWANSRI 12. ABISABILA 13. DOELSOHONO 14. DARAHBIROE 15. KHATULISTIWA 16. DELIA4EVER 17. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>